indonesia_vs_malaysia

Bagaimana Seharusnya Indonesia dan Malaysia?

This entry was posted on Friday, September 3rd, 2010.
Tags:

Bagaimanakah Indonesia dan Malaysia seharusnya?? Pertanyaan yang sering diangkat di media massa saat ini. Saya sendiri terkadang bingung menanggapi kasus yang satu ini. Bagaimana tidak, Malaysia adalah tetangga terdekat kita, haruskah kita bermusuhan dengan tetangga kita?? Namun bagaimana bilah telah menyangkut masalah kedaulatan?? Tentu bukan masalah kecil seperti tetangga meminjam sandal dari rumah kita lantas tidak balik lagi. Ini berbeda kasus…

Menyikapi media massa yang saat ini gencar membandingkan antara SBY dan Soekarno lantaran SBY terkesan lunak berkaitan dengan masalah kedaulatan. Sebenarnya apakah pantas membandingkan 2 orang yang jelas berbeda karakter? Tentu keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Saya sependapat dengan SBY dalam masalah kita tidak boleh tergesa-gesa mengambil keputusan terlebih dengan menggunakan emosi, namun saya juga kurang setuju bila kita terus-terusan di rendahkan oleh tetangga kita…

Manakah yang benar? dan manakah yang salah?

Melihat di televisi, begitu banyak demonstrasi baik yang dilakukan oleh masyarakat biasa ataupun oleh mahasiswa yang isinya menyatakan sikap tidak suka dengan perbuatan malaysia, bahkan sampai membakar bendera negara. Pantaskah itu? Lantas sikap seperti apa yang seharusnya masyarakat lakukan? Bagaimana bila masyarakat berbeda pendapat dengan kepala negara? Lantas benarkah kekerasan satu-satunya solusi untuk masalah ini?

Apa yang masyarakat bisa lakukan untuk masalah ini??
Bagaimanakah seharusnya sikap Indonesia terhadap tetangga yang tidak hormat?
Dan bagaimana bila keduanya memiliki kepentingan masing-masing? Dan sebenarnya saling membutuhkan??

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER

About

Seorang makhluk bulan yang sedang bertamasya di Bumi. Untuk mengisi waktu luang di Bumi, doi menghabiskan waktu dengan coding, nonton anime dan tidur. Nggak suka makan sayur-sayuran. Dan punya pendapat bahwa sayur-sayuran diciptakan Tuhan bukan untuk dimakan, tapi untuk menghias makanan. Berbakat untuk mengundang perhatian. Bersama teman-temannya di Bumi, membuat sebuah website yang disebut CodePolitan. Bersama CodePolitan, doi melakukan banyak hal keren dan menyenangkan.