diskusi_itexpo

Diskusi Pembajakan Software Bersama Kementrian RISTEK

This entry was posted on Tuesday, December 14th, 2010.
Tags:

Kasus pembajakan software di negeri ini memang sangat meresahkan. Saat ini Indonesia menempati peringkat ke-8 dunia sebagai negara pembajak software dari survey yang dilakukan oleh IDC dan BSA (Business Software Alliance) yang dirilis Mei 2010. Minggu s.d. Senin, 12-13 Desember 2010, Senat Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Respati Indonesia, mengadakan sebuah event URINDO Information Technoloty Expo 2010 (U-ITEXPO 2010). Sebuah event yang dilatarbelakangi oleh kepedulian Senat FTI URINDO pada kasus pembajakan software yang melanda bangsa ini. Salah satu acara dari rangkaian acara dalam U-ITEXPO 2010 adalah Diskusi Bersama Kementrian Riset dan Teknologi Republik Indonesia dengan Tema “Solusi Menurunkan Tingkat Pembajakan Software di Indonesia dengan Menerapkan Software Legal Berbasis Open Source”.

Dalam Diskusi tersebut, kebetulan saya diminta untuk menjadi moderator. Diskusi tersebut dihadiri oleh Pak Agus Sediadi dari Bagian Transfer IPTEK Strategi Kementrian Riset dan Teknologi Republik Indonesia, juga dihadiri oleh Pak Iska Ricky Malika dari POSS Juragan Kambing UI yang juga mewakili IGOS.

Diskusi tersebut diharapkan dapat membuka wawasan masyarakat, khususnya mahasiswa URINDO agar memperhitungkan juga Open Source Software sebagai pilihan dan solusi untuk mengurang tingkat pembajakan software.

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER

About

Seorang makhluk bulan yang sedang bertamasya di Bumi. Untuk mengisi waktu luang di Bumi, doi menghabiskan waktu dengan coding, nonton anime dan tidur. Nggak suka makan sayur-sayuran. Dan punya pendapat bahwa sayur-sayuran diciptakan Tuhan bukan untuk dimakan, tapi untuk menghias makanan. Berbakat untuk mengundang perhatian. Bersama teman-temannya di Bumi, membuat sebuah website yang disebut CodePolitan. Bersama CodePolitan, doi melakukan banyak hal keren dan menyenangkan.