coding1

Cara Antisipasi Kejenuhan dalam Pemrograman

This entry was posted on Friday, September 16th, 2011.
Tags:

Seperti kebanyakan kegiatan lainnya di dunia ini (entahlah kalau di akhirat nanti), dalam dunia coding-mengcoding pun sama ada yang namanya bete, bosen, boring dan beler. Ya wajar banget sih, secara kegiatan lain aja yang kadang-kadang nggak terlalu mikir banyak dan lebih enjoy ada masa-masa kayak gitu, apa lagi kegiatan yang emang Cuma ketemu sama kode-kode rumit doang, tulisan-tulisan yang nggak ada terjemahan bahasa Indonesianya, yang kadang cuma ngeliatnya aja bisa bikin sakit kepala secara tiba-tiba.

Sekali lagi, hal seperti itu wajar banget terjadi dan manusiawi sekali. Asalkan bisa diantisipasi dengan baik sehingga nggak merusak proses belajar apalagi kerjaan. Manusia memang bukanlah robot yang bisa bekerja terus-terusan bahkan untuk hal-hal yang sama, apalagi tanpa istirahat. Ya karena memang manusia punya hati, nggak kayak robot yang Cuma diprogram buat keadaan-keadaan tertentu doang. Nah masalahnya adalah bagaimana caranya buat mengantisipasinya. Nah berikut ini saya coba share kiat-kiat yang selama ini saya pake buat ngehindari kebetean dalam coding saya. Sejauh ini sih efektif buat saya, ya mudah-mudahan cocok juga buat pembaca sekalian.

Pertama, Istirahatlah dan efektifkan waktu jeda Anda. Walaupun coding bukanlah pekerjaan yang secara lahir menarik, tapi aneh juga sih, terkadang kita sampai lupa waktu ketika melakukan coding pemrograman. Nggak jarang kadang-kadang sampe telat shalat (jangan ditiru), coding 4 jam lebih tanpa istirahat. Nah itu sangat kurang baik, akan cenderung lebih mudah sampai pada titik jenuh, dan akhirnya bĂȘte deh, males buat ngelanjutin kerjaan. Istirahatlah kawan, sebanyak apa pun target dan secepat apa pun deadlinenya, tetap saja kita harus sesuaikan dengan porsi tubuh kita. Berisitirahatlah mimimal 2 jam sekali ketika melakukan coding. Ya walaupun istirahatnya hanya beberapa menit saja. Itu akan membantu supaya tubuh kita kembali fresh lagi. Oh ya, kalau menurut pengalaman saya, istirahat yang paling efektif adalah dengan tidur, itu buat waktu yang agak senggang. Tapi kalau waktunya Cuma sebentar, bisa dengan keluar ruangan dan mencoba menghirup udara segar, kalau bisa carilah pemandangan bagus (disarankan pemandangan alam ya, bukan pemandangan yang lainnya yang negatif).

Kedua, Carilah suasana tempat berbeda untuk coding. Kalau biasanya Anda melakukan coding di dalam ruang kerja Anda, cobalah sesekali membawa laptop Anda ke tempat lain, dan lakukan coding disana. Misalnya di kebun depan rumah, ruang tamu, ruang istirahat, bahkan kalau perlu cobalah tempat-tempat yang lebih wah lagi, misalnya di pantai, hutan, sungai, atau di alam terbuka lainnya.

Ketiga, Lakukan coding sambil mendengarkan musik. Ini bisa membuat otak kita lebih fresh dan mengurangi ketegangan. Coding secara sederhananya adalah lebih menggunakan otak kiri. Dan mendengarkan musik adalah pekerjaan otak kanan. So, otak kita jadi seimbang, sehingga dapat menghindari migren karena coding. Lakukanlah coding lebih santai, jangan terlalu kaku. Musik yang saya sarankan adalah musik-musik instrumental. Karena musik instrumental sangat bagus sekali buat meningkatkan konsentrasi.

Keempat, Gantilah style text editor Anda. Bila Anda menggunakan text editor yang bisa diset stylenya (seperti Notepad++), cobalah sesekali menganti style text editornya dengan style berbeda. Bila biasanya Anda coding dengan background editor putih, cobalah ganti backgroundnya dengan warna hitam atau warna yang lainnya. Ya sederhananya supaya nggak bosen.

Ya mungkin itu saja, trik sederhana supaya ngehindarin kebetean dalam coding, apalagi bagi kita yang masih belajar.

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER

About

Seorang makhluk bulan yang sedang bertamasya di Bumi. Untuk mengisi waktu luang di Bumi, doi menghabiskan waktu dengan coding, nonton anime dan tidur. Nggak suka makan sayur-sayuran. Dan punya pendapat bahwa sayur-sayuran diciptakan Tuhan bukan untuk dimakan, tapi untuk menghias makanan. Berbakat untuk mengundang perhatian. Bersama teman-temannya di Bumi, membuat sebuah website yang disebut CodePolitan. Bersama CodePolitan, doi melakukan banyak hal keren dan menyenangkan.