Belajar Hal Baru

This entry was posted on Thursday, October 30th, 2014.
Tags: ,

Move on itu emang nggak gampang, nggak semudah makan bakwan sambil makan cabe. Itulah sebabnya banyak orang yang gagal move on, tapi jarang orang yang gagal makan bakwan sambil makan cabe. Banyak orang yang gagal untuk move on biasanya dikarenakan telah biasa dengan sebuah kenyamanan tertentu. Misalnya, kita susah banget buat move on dari kasur saat bangun pagi, karena kasur memberikan kenyamanan pada kita, dan kita telah terbiasa dengan kenyamanan itu. Betapa berat meninggalkannya, karena kita nggak tau apakah akan mendapatkan kenyamanan seperti itu lagi setelah bangun.

Fenomena susah move on ini terjadi dimana-mana dalam kehidupan keseharian kita. Di dalam bisnis, percintaan, belajar, mengejar cita-cita dan lain sebagainya. Ini biasanya akan berakibat pada sulitnya kita untuk berkembang.

Jika kita telah melakukan yang lama berulang-ulang, sehingga menjadi rutinitas dan telah menemukan kestabilan, kita akan merasa asing jika terjadi sebuah perubahan. Misalnya saja kita telah biasa bangun siang, maka ketika kita dipaksa untuk bangun pagi, kita akan merasakan ada sesuatu yang berbeda dan mengganggu stabilitas kita, kita akan merasa tidak nyaman. Pasti ada bagian dari dalam diri kita yang menginginkan untuk menolak itu, dan kembali ke kebiasaan semula yaitu bangun siang. Ya karena kita sudah terbiasa dan nyaman dengan hal itu.

Dalam percintaan lebih mudah lagi dianalogikan, misalnya kita telah pacaran selama 7 tahun, kemudian karena satu dan lain hal akhirnya putus. Fenomena putus itu adalah fenomena yang merubah keadaan stabil kita dengan keadaan baru yang asing buat kita. Misalnya biasanya ada yang menanyakan kabar kita, setelah putus maka tidak ada lagi. Misalnya setiap malam ada yang marah-marah karena pengen ditelpon, setelah putus jadi tidak ada lagi. Kita telah nyaman dengan kebiasaan itu, ketika hal itu tidak ada lagi kita akan merasa ada yang hilang, dan kita menjadi asing dengan kebiasaan baru. Semuanya tidak akan sama lagi.

Situasi dimana kita merasa nyaman dengan keadaan tertentu disebut comfort zone atau zona nyaman. Ya jika kita sudah merasakan hal tersebut kita bisa dibilang masuk ke dalam zona nyaman.

Dalam beberapa hal, masuk ke zona nyaman itu baik tapi dalam hal lainnya itu akan kurang baik. Zona nyaman yang baik adalah dalam keluarga. Kita sudah terbiasa dan nyaman dengan istri A misalnya. Bayangkan jika kita menginginkan tantangan baru?

Yang saya ingin bahas sebenernya adalah tentang zona nyaman yang berdampak buruk, yang membuat kita sulit berkembang. Ketika kita sudah nyaman dengan sesuatu, secara alamiah kita ingin mempertahankan kenyamanan tersebut, dan tidak ingin ada yang berubah. Tapi masalahnya hidup ini dinamis dan selalu berubah, jika kita masih sama seperti sebelumnya sedangkan zaman terus berubah, kita tidak akan mampu beradaptasi dengan dunia yang baru, yang lebih luas.

Oke mari kita buat lebih sederhana…

Misalnya kita memiliki usaha, sebut saja kita memiliki toko sepatu. Kita telah menjalaninya selama 1/4 abad, dan hasilnya cukup lumayan, kita bisa makan 3 kali sehari dan bisa menabung untuk berangkat haji. Selama ini kita menjalaninya secara konvensional, membuka toko di sebuah kawasan pertokoan. Orang yang membeli adalah mereka yang datang ke toko, kemudian melakukan tawar menawar. Jika harganya oke, maka terjadilah transaksi. Sejauh ini, semuanya aman-aman saja, penghasilannya pun lumayan stabil. Kemudian kita mendengar potensi besar toko online. Katanya banyak orang yang telah sukses darinya, bahkan tanpa adanya toko fisik sama sekali. Tapi masalahnya kita sama sekali nggak mengerti tentang dunia online. Apakah akan kita akan tetap apa adanya saja, dengan sesuatu yang kita sudah kenali dan kita jalani seperti biasanya, atau kita akan mencoba tantangan baru, dan berusaha mempeljari hal baru untuk mencoba peruntungan baru?

Seperti itulah kira-kira. Kita bisa saja memilih untuk tetap seperti biasa. Kita sudah nyaman dengan kondisi itu. Toh pemasukannya pun sudah stabil dan lumayan. Tapi berarti kita akan melewatkan kesempatan untuk berkembang. Kita hanya akan menjadi sama seperti biasanya. Bagaimana jika kemudian orang sudah mulai meninggalkan belanja secara offline karena malas macet-macet di jalan? Kita akan kebingungan kan?

Belum lagi jika kita adalah seorang programmer, yang berdiri di sudut percepatan teknologi. Jika kita hanya nyaman dengan ilmu yang itu-itu saja, dan tidak mau berubah dan mencoba melakukan hal yang baru pasti kita akan tertinggal.

Perubahan adalah sebuah keniscayaan, kita tidak akan pernah bisa menghindarinya. Jika kita tidak siap dengan perubahan, kita akan kesulitan untuk bertahan. So… satu-satunya yang bisa kita lakukan adalah melakukan persiapan dan senantiasa belajar, termasuk belajar hal yang baru, yang mungkin kita tidak mengerti sama sekali.

Saya pun demikian, saya adalah web programmer. Keseharian saya adalah coding. PHP, CSS, JavaScript adalah makanan keseharian saya. Mempelajari hal baru di bidang web programming tidak masalah bagi saya, apakah itu teknologi baru, framework baru atau metode baru, karena itu memang yang biasa saya lakukan. Kemudian saya mengembangkan Nyankod bersama teman-teman saya. Walaupun Nyankod bergerak di bidang programming, tapi tetap saja ini adalah sebuah bisnis. Jika itu seputaran pemrograman saya sudah biasa dengannya. Tapi berbicara bisnis, saya adalah pemula. Seorang pemuda yang masih hijau. Keseharian saya adalah seputaran hal tekhnis. Masalah marketing, manajemen, keuangan, legalitas dan lain sebagainya adalah hal yang asing buat saya. Jika saya hanya bertahan dengan kenyamanan saya selama ini, dijamin Nyankod tidak akan kemana-mana, atau malahan bubar. Terlebih saya adalah leader di Nyankod, yang menentukan akan dibawa kemana Nyankod. Maka dari itu, saya putuskan untuk mencoba tantangan baru, belajar hal baru, dan keluar dari zona nyaman saya. Saya tau resikonya, tapi tetap saya akan coba.

Saat ini Nyankod sudah hampir 2 tahun berjalan. Walaupun belum besar, tapi kami sudah melakukan banyak hal, dan membuat beberapa hal yang menarik. Tepat seperti yang saya pikirkan sebelumnya, ini semua tidak mudah. Tapi setelah dijalani, ternyata sangat menyenangkan. Saya suka tantangan seperti ini. Serasa semua potensi yang saya miliki dipaksa untuk keluar. Dan saya benar-benar menikmatinya.

Belajar dan melakukan hal yang baru memang sangat sulit, terlebih jika kita blank sama sekali dengan hal itu. Namun, jika kita hanya melakukan sesuatu yang kita bisa, lantas kapan kita akan belajar untuk melakukan sesuatu yang belum kita bisa. Dunia ini banyak hal yang menarik, sangat membosankan jika kita hanya melakukan itu-itu saja :D

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER

About

Seorang makhluk bulan yang sedang bertamasya di Bumi. Untuk mengisi waktu luang di Bumi, doi menghabiskan waktu dengan coding, nonton anime dan tidur. Nggak suka makan sayur-sayuran. Dan punya pendapat bahwa sayur-sayuran diciptakan Tuhan bukan untuk dimakan, tapi untuk menghias makanan. Berbakat untuk mengundang perhatian. Bersama teman-temannya di Bumi, membuat sebuah website yang disebut CodePolitan. Bersama CodePolitan, doi melakukan banyak hal keren dan menyenangkan.