Mendukung Karya-Karya Lokal

This entry was posted on Monday, October 27th, 2014.
Tags:

Walau itu hanya sekali seumur hidup, mungkin pernah kita berpikir wah di sana udah bikin ini dan bikin itu, kok kita belum mampu ya. Akhirnya kita merasa minder, karena selalu merasa tertinggal. Karena merasa belum mampu. Padahal mungkin sebenernya kita bukan benar-benar tidak mampu, hanya saja kita sendiri yang belum tau saja. Sebenernya banyak lho temen-temen di negara kita yang punya skill hebat dan sudah bisa membuat berbagai hal yang menarik seperti negara-negara lain, kitanya saja yang belum tau, sehingga kita merasa kita tertinggal.

Siapa bilang negara kita tidak bisa bikin game yang bagus kayak negara orang-orang. Ada lho yang bisa, tuh buktinya DreadOut. Mungkin kita ngeluh, wah Korea punya KakaoTalk, Jepang punya Line, Amerika punya WhatsApp, Kanada punya BBM, Indonesia kapan punya yang seperti itu? Hush… sekali lagi, mungkin kitanya saja yang nggak tau kita juga punya lho aplikasi messenger seperti itu, tuh tengok Zohib dan Catfiz.

Saya optimis, sebenernya banyak sekali produk lokal yang sebenernya sudah mampu bersaing di kelas internasional atau banyak sekali temen-temen kita yang punya skill nggak kalah sama orang luar, hanya saja mungkin kitanya saja yang nggak tau. Nah maka dari itu, kami merasa butuh sebuah tempat dimana itu akan menjadi sebuah direktori yang berisi karya-karya anak bangsa, mangkanya kemudian kami membangun KaryaLokal dibawah naungan CodePolitan. Supaya temen-temen yang punya karya bisa mempublikasikan karyanya di sana. Mungkin saja kan ada temen-temen kita yang saat ini sedang berjuang keras untuk membuat sesuatu yang menarik dan bermanfaat, hanya saja kita tidak tau. Mudah2an dengan adanya KaryaLokal, kita nggak merasa minder lagi, banyak kok karya-karya lokal kita yang berkualitas.

Sebenernya saya lebih suka mendukung sebuah karya karena kualitasnya, dibanding karena alesan dari mana asalnya. Tapi saya rasa, mendukung sebuah karya karena berasal dari lokal juga adalah sesuatu yang baik, apalagi jika karya tersebut berkualitas. Pada intinya jika kita menudukung temen-temen kita untuk senantiasa berkarya, dan mengapresiasi karyanya, itu akan sangat berarti bagi mereka. Mungkin saja karya mereka belum bisa setara dengan karya-karya dari temen-temen di luaran sana, tapi jika kita mengapresiasinya mungkin mereka akan bersemangat untuk terus meningkatkan kualitas karyanya.

Saya pribadi, selalu suka melihat orang berkarya, terlepas dari kualitas karyanya. Bagi saya seseorang mau berkarya itu sudah merupakan sebuah hal yang hebat, karena tidak semua orang mau dan mampu untuk melakukannya.

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER

About

Seorang makhluk bulan yang sedang bertamasya di Bumi. Untuk mengisi waktu luang di Bumi, doi menghabiskan waktu dengan coding, nonton anime dan tidur. Nggak suka makan sayur-sayuran. Dan punya pendapat bahwa sayur-sayuran diciptakan Tuhan bukan untuk dimakan, tapi untuk menghias makanan. Berbakat untuk mengundang perhatian. Bersama teman-temannya di Bumi, membuat sebuah website yang disebut CodePolitan. Bersama CodePolitan, doi melakukan banyak hal keren dan menyenangkan.