Kebanggan Kami Meluncurkan PusakaCMS

This entry was posted on Sunday, November 30th, 2014.

Selama 2 tahun kami membangun Nyankod, kami telah melakukan banyak hal. Meluncurkan produk bukanlah hal baru bagi kami. Sebelumnya kami telah membuat beberapa karya seperti nyankodMagz, CodePolitan dan KaryaLokal. Juga beberapa project iseng seperti Flappy Nyan atau Kurakuroket. Tapi meluncurkan sebuah produk yang sifatnya tools yang berguna bagi developer adalah hal yang baru bagi kami. Oleh karena itu, entah kenapa bagi saya, ada rasa kebanggaan tersendiri ketika Nyankod meluncurkan PusakaCMS tanggal 27 November lalu.

pusakacms_show

Ide besar PusakaCMS ini lahir dari 2 rekan hebat saya, yaitu Toni Haryanto dan Ahmad Oriza. Dari dulu mereka memiliki mimpi untuk membuat CMS sendiri. Dan syukurlah, kali ini salah satu mimpi mereka bisa terwujud.

Terus terang, awalnya saya sendiri tidak terlalu antusias dengan dengan membuat sebuah CMS baru, saya lebih suka membuat sebuah platform yang menyelesaikan masalah yang belum ada solusinya. Untuk CMS, sudah banyak sekali opsi yang hebat, seperti WordPress, Joomla, Drupal dan lainnya, dan itu sudah sangat membantu sekali serta menjadi solusi. Tapi ternyata, memiliki CMS sendiri itu adalah sesuatu hal yang menarik, ada rasa kebanggaan tersendiri. Dan terutama, kami bisa mempelajari CMS yang ada serta menutupi lubang-lubangnya, sehingga kami bisa membuatnya sesuai dengan yang kami mau. Yang saya pelajari dari sini, betapapun WordPress powerfull, tapi akan ada kondisi dimana WordPress itu terlalu ribed dan apa yang kami mau tidak bisa dengan mudah diselesaikan oleh WordPress.

Semoga dengan lahirnya PusakaCMS ini menambah gairah kami untuk selalu berkarya dengan Nyankod, dengan skill yang kami punya, dengan sesuatu yang kami sukai. Walaupun sebenarnya terlepas dari apakah nantinya akan banyak orang yang menggunakan PusakaCMS atau tidak, kami tetap akan membuatnya. Betul memang menjadi kebanggan lain jika sebuah karya kita digunakan dan bermanfaat bagi orang lain, tapi terlepas dari itu, membuatnya saja membuat kami merasa bahagia. Kami juga berharap PusakaCMS ini bermanfaat bagi banyak developer dan disukai oleh developer.

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER

About

Seorang makhluk bulan yang sedang bertamasya di Bumi. Untuk mengisi waktu luang di Bumi, doi menghabiskan waktu dengan coding, nonton anime dan tidur. Nggak suka makan sayur-sayuran. Dan punya pendapat bahwa sayur-sayuran diciptakan Tuhan bukan untuk dimakan, tapi untuk menghias makanan. Berbakat untuk mengundang perhatian. Bersama teman-temannya di Bumi, membuat sebuah website yang disebut CodePolitan. Bersama CodePolitan, doi melakukan banyak hal keren dan menyenangkan.